Skripsi Gue Itu Mesin Cuci

TWEET

Ngepost tentang SKRIPSI gue ah... Alhamdulliah , gue lulus sidang skripsinya walaupun masih banyak kekurangan penulisannya. Setiap orang mau temen, orang tua, atau sodara pasti nanyain skripsinya apaan? setiap gue pulang ke Tasikmalaya, hal yang ditanyain yang pertama adalah "SKRIPSINYA APA?" ya.. gue jawab "skripsi gue itu buat mesin cuci", tegas gue. mereka langsung bilang "Waaahh... keren yah!" *hahahah mau aja diboongin*

Sebenarnya skripsi gue ini adalah lanjutan dari penulisan ilmiah gue waktu gue masih semester 6 tentang sterilisator limbah medis dimana gue itu membuat suatu alat yang bisa mencuci limbah medis tapi masih berbentuk prototype, keren kan gue hahaha...

Dimana gue harus merancangn ulang alat itu sehingga bisa digunakan di puskesmas dan rumah bersalin *bukan kamar pas*. bahan-bahan yang digunakan dalam alat tersebut 70% dari barang bekas ya.. itung-itung "save the earth". 

jeng-jeng... nih penampakan alat skripsi gue

 

Cara  kerja alat tersebut dimana limbah medis berupa (kapas, perban, dan tisu) dimasukkan kedalam alat tersebut, lalu menekan tombol saklar untuk memulai proses pencucian. prosesnya otomatis dari mulai pengisian air, pengisian larutan pencuci dan proses pengadukan dikontrol menggunakan Mikrokontroler. Setelah pencucian selesai, air bekas pencuciannya di saring menggunakan filter sederhana dimana airnya dapat dipakai untuk proses pencucian selanjutnya.


Jeng...jeng... ini hasilnya.

Mungkin ada beberapa orang yang bertanya " ngapain dicuci limbahnya ga ada kerjaan, langsung bakar ja, gampangkan?" .gue juga ada tujuannya membuat alat itu, dimana limbah puskesmas, rumah sakit, sama rumah bersalin itu dibuang ditempat penampungan (tong sampah). nah limbahnya itu sebelum dibakar harus ditampung dulu sampai penuh baru dibakar. ada beberapa tempat RS, puskesmas, dll yang tempat penampungannya belum memenuhi syarat . masih banyak sampah-sampah medis yang dibuang disembarang tempat, itu kan sangat bahaya sekali.
sampah medis dipembuangan sampah umum *sembarangan*

Alat yang gue buat itu untuk mencegah pembuangan limbah sembarangan, dimana pencucian limbahnya dilakukan pada saat  tindakan medis berlangsung tanpa penumpukan limbah/sampah terlebih dahulu. sehingga limbah medis sebelum dibuang atau ditampung sudah bersih/steril dan aman untuk lingkungan baik didalam mau pun diluar lingkungan pelayanan kesehatan tersebut.

gue cuma membuat suatu alternatif saja, mau pakai tidaknya itu terserah hahaha... :D

mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi inspirasi pembaca, jadi sadar gitu atau tau ternyata masih banyak sampah medis yang sangat berbahaya itu diluar sana.

Baca Selanjutnya.....

1 comment:

  1. ini postingan tahun lalu ya? haha
    tapi keren deh itu alat. bikinan sendiri semua?
    lo kuliah di jurusan apa sih?

    ReplyDelete

google analitic

twitteradivampicel